Kamis, 17 Oktober 2013

Aktivasi Akun SIAP Siswa


Aktivasi Akun SIAP Siswa
Aktivasi memiliki peranan sangat penting sekali, dikarenakan bila suatu pemilik akun tidak mengaktifasi akun nya maka pengguna akun tersebut tak memiliki akses SIAP Siswa atau layanan SIAP Siswa belum diaktifkan. Untuk itu silakan ikuti langkah berikut untuk melakukan aktivasi layanan SIAP Siswa :
  1. Buka halaman http://paspor.siap-online.com atau http://siapku.com
  2. Masukkan ID SIAP/Alamat email anda dan password, kemudian klik LOGIN
  3. Pengguna mengakses menu SIAP Akun >> Kelola Layanan >> Pengajuan Layanan
http://bantuan.siap-online.com/files/2011/11/aktiv1.jpg
  1. Pilih layanan SIAP Siswa.
  2. Pengguna mengisi NPSN dan SIAP ID (NISN). Aplikasi mengijinkan pengguna untuk tidak memasukkan NPSN, jika memang pengguna tidak mengetahui NPSN nya. Outputnya akan ditampilkan berupa formulir yang selanjutnya dapat diisi oleh penggua secara offline.
http://bantuan.siap-online.com/files/2011/11/aktiv5.jpg
  1. Pengguna mengisi Data NISN (bagi Siswa dan Ortu). Aplikasi mengijinkan pengguna untuk tidak memasukkan NISN, jika memang pengguna tidak mengetahui NISN. Outputnya akan berupa formulir yang selanjutnya dapat diisi oleh Pengguna secara offline.
Perilaku Sistem :
    • Jika NPSN dan NISN diisi salah satu, atau diisi keduanya, maka Sistem akan melakukan pengecekan kecocokan data antara NISN yang diisi dengan NPSN sekolah yang diinput.
  1. Sistem akan melakukan validasi pengecekan terhadap kesesuaian NPSN dan NISN yang telah diajukan untuk akses layanan SIAP Siswa, Jika sudah sesuai silakan tekan tombol “Lanjut”
http://bantuan.siap-online.com/files/2011/11/aktiv7.jpg
  1. Masukkan password akun SIAPKU anda kemudian tekan tombol Lanjut
http://bantuan.siap-online.com/files/2011/11/aktiv8.jpg
  1. Jika sekolah telah terdaftar sebagai pengguna layanan SIAP Sekolah secara aktif maka sistem akan menyediakan formulir pengajuan aktivasi SIAP Siswa .

http://bantuan.siap-online.com/files/2011/11/aktiv10.jpg
  1. Jika sudah sesuai, pengguna dapat melakukan cetak formulir pengajuan aktifasi layanan SIAP Siswa
  2. Pengguna membawa formulir pengajuan SIAP Siswa ke sekolah dan menyerahkan kepada admin SIAP Sekolah
  3. Admin SIAP Sekolah melakukan input data NISN beserta email sesuai yang tercetak pada formulir pengajuan aktifasi layanan SIAP Siswa
  4. Sistem Akan memvalidasi data pengajuan, dan menampilkan token untuk aktivasi untuk dilakukan cetak
  5. Admin SIAP Sekolah melakukan cetak token untuk diserahkan pada pengguna
  6. Pengguna melakukan login
http://produk.siap-online.com/login-pengguna-siap/

Tidak ada komentar: